Sunday, May 27, 2007

Pariwisata Ranah Minangkabau

Free Web Counter

1. Minang for Elderly People

Paket ini adalah paket wisata spesialisasi untuk peserta para pensiunan dinegara maju. Yang mana mereka adalah warga yang mapan secara ekonomi dan umumnya mempunyai kekayaan yang besar, apalagi dengan ukuran Indonesia. Waktu mereka umumnya hanya digunakan untuk menikmati hari tua, sehingga mereka dapat tinggal secara lama dan bahkan ada yang menginginkan secara permanen. Astralia, New Zealand, Kanada dan Malaysia telah lama menikmati hasil dari kegiatan ini. Paket terdiri dari dua jenis, yaitu Tour dan stay.

a. Tour (Kunjungan Wisata)

Tour adalah paket tour mengunjungi objek wisata yang terdapat di tempat tujuan, misal di Ranah Minang meliputi; wisata budaya, Islamis dan alam. Dengan pointer sebagai berikut.

    1. Budaya

i. Adat Minang

1. Alam Takambang Jadi Guru

2. Adat Basandi Syara’, Syara’ basandi Kitabullah

3. Adat Mamakai, Syara’ mangato

4. Niniak-mamak dan Bundo kanduang

5. Limpapeh Rumah Gadang

ii. Pemerintahan Desa

1. Sistim Suku

2. Kaum

3. Nagari

4. Kampuang dan Rantau

iii. Kehidupan Masyarakat

1. Pergaulan Masyarakat Desa

2. Pertanian

3. Matriliniary system

4. Kekrabatan

    1. Islamis

i. Dunia Pesantren

ii. Cara Belajar Agama

iii. Islam dalam kehidupan sehari-hari

    1. Alam

i. Khatulistiwa (iklim sama sepanjang tahun)

ii. Pegunungan yang indah

iii. Alam Damai

iv. Danau Indah

v. Pemandangan indah ke laut

vi. Rain Forest

vii. Virgin Forest

viii. Desa Optimist

ix. Pertanian Tradisionil

b. Stay (Tinggal Lama)

Adalah paket menawarkan untuk tinggal dalam waktu yang lama disuatu daerah, lama tinggal adalah enam bulan sampai dua tahun. Ditawarkan untuk tinggal di hotel atau dirumah penduduk yang telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat moderen.

Tinggal di hotel, berarti mereka menyewa untuk jangka waktu tertentu dan sudah tentu bertempat tinggal di kota, ditempat dimana infrastruktur kehidupan telah mendukung kehidupan moderen. Kota di Sumatera Barat yang umumnya adalah kecil, sehingga elderly people ini gampang untuk bepergian ke desa atau tempat wisata disekeliling kota tersebut.

Tidak kalah menariknya untuk tinggal berbaur dengan masyarakat desa. Akan terasa keakraban antar manusia yang lebih dekat. Dapat secara langsung mempelajari atau menikmati tata cara kehidupan yang jauh berbeda dengan yang dialami selama berada dinegara mereka. Menikmati kedamaian dan keterasingan didesa adalah sesuatu yang penuh arti.

Dengan adanya program tinggal didesa akan membuka usaha baru bagi masyarakat desa, seperti: home stay, makanan, angkutan dan lain-lain.

Daerah operasi awal:

  1. Singapore: Dimana banyak orang Melayu dan bahkan yang berdarah Minang telah menjadi orang terpandang disana. Dengan memanfaatkan sentimen agama dan budaya akan menarik buat mereka. Juga dapat dimanfaatkan kedekatan secara geagrafis.

  1. Padang: Adalah kota terbesar dan mempunyai infrastruktur terlengkap dipantai Barat Sumatera. Siap untuk menerima wisatawan dari mancanegara secara phisik maupun budaya.

  1. Bukittinggi: Adalah kota dipergunungan dengan udara dingin dan segar, berbudaya tinggi dan telah lama menjadi daerah kunjungan wisata mancanegara. Disamping itu adalah kota yang dekelilingi oleh kampung yang mempunyai tradisi adat yang kuat.

Hasil yang dapat diharapkan dari kegiatan ini:

a) Devisa

b) PAD

c) Lapangan Kerja, Usaha Baru (Kerajinan, home stay, penginapan syariah)

d) Tambahan penghasilan pada:

    1. Travel Biro
    2. Hotel
    3. Restoran
    4. Transpor

e) Lapangan pekerjaan baru:

    1. Tour Guide
    2. Culture Manager
    3. Medical servent

Target Pasar:

  1. Utama/Initial: Pensiunan di Singapore, KL, Penang, Negeri Sembilan dll
  2. Sekunder: Jepang, Korea
  3. Tersier: Muslim Country (Arab)
  4. Quartier: Western Country

2. Medical Tour

Medical tour adalah paket berobat ataupun medical check up dilakukan dirumah sakit bergengsi yang mempunyai peralatan lengkap dan tenaga medis yang berprofessional tinggi. Rumah sakit ini berlokasi di Singapura dan Malaysia Barat, dan kalau perlu sampai ketempat lain sesuai kebutuhan dan tuntutan customer ataupun kondisi tubuhnya.

3. Riset

Adalah paket mengurus riset ilmiah dari ilmuan manca negara yang tertarik mengadakan riset di daerah Minangkabau.

4. Paket Tour

Adalah paket tour di alam Minangkabau untuk tourist nasional maupun mancanegara. Paket ini adalah paket kunjungan wisata waktu tertentu dengan mengunjungi beberapa objek wisata pilihan menarik dan momental.

5. Konferensi

Adalah paket tour untuk mengadakan rapat ataupun konferensi didaerah Minangkabau yang indah dan mempunyai iklim yang sama sepanjang tahun. Paket ini sangat tergantung dari fasilitas yang tersedia didaerah tujuan wisata tersebut. Misalnya keberadaan ruang rapat ataupun konferensi, kamar hotel dan daya tarik lainnya.

Holon:

  1. Konsultan Manajemen
  2. Tour & Travel
  3. Sikumbang Tour
  4. Trasportation
  5. SMA
  6. Hotel
  7. Home Stay
  8. Object Event Organizer
  9. Tour Guide
  10. Pengarang Buku Objek Wisata
  11. Event Organizer


No comments:

Post a Comment